Thursday, November 11, 2010

Bab 3-Menggunakan E-mail untuk Komunikasi

MENDESKRIPSIKAN INTERNET UNTUK KOMUNIKASI

Penggunaan E-mail
Email atau surat elektronik merupakan salah satu fasilitas tertua dalam penggunaan internet, dan e-mail merupakan sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan internet.

Terdapat dua jenis layanan e-mail, yaitu:
1. E-mail yang berbasis web. Pada e-mail jenis ini, seluruh aktivitas mengirim atau menerima e-maildilakukan melalui sebuah situs yang disebut dengan web mail Setiap kali akan menggunakan e-mail, pengguna harus terhubung terlebih dahulu dengan Internet. Beberapa web mail penyedia layanan Internet gratis sudah banyak tersedia di Internet, misalnya TelkomNet Mail, Yahoo Mail, Hotmail.

2. E-mail yang berbasis client Dibutuhkan sebuah perangkat lunak apabila akan menggunakan e-mailpada e-mail jenis ini, misalnya Eudora atau Microsoft Outlook. Fasilitas yang disediakan perangkat lunak tersebut, antara lain fasilitas untuk menulis dan mengolah e-mail tanpa harus terhubung dengan Internet.

Fungsi E-mail

Email
atau elektronik mail adalah media surat menyurat secara online, email memungkinkan kita untuk berkirim surat melalui internet dengan waktu yang cepat. Dalam perkembangannya, email berkembang dari sekedar teks ke media yang bisa mengirimkan berbagai media seperti file dokumen dan gambar. Email adalah salah satu hal yang di butuhkan “netters” (pengguna internet). Bagi pengguna internet sangat di wajibkan untuk memiliki email, karena itu sangat wajib dan tentunya sangat berguna jika anda memiliki kerabat, teman, atau siapapun yang berada di tempat jauh dari anda yang kebetulan ingin sekali mengirimkan data file atau photo dsb. Dalam bentuk email biasanya bisa di lihat dan memiliki tanda “@” misalnya aku@gmail.com, aku@yahoo.com, dsb. Cara untuk mendapatkan e-mail:
1. Melalui penyedia e-mail gratis

2. Undangan dari teman
3. Dari Internet Service Provider (ISP)

4. Dari perusahaan

5. Memesan sendiri
Penyedia layanan e-mail gratis saat ini yang paling sering di pakai oleh pengguna internet adalah www.mail.yahoo.com, atau www.mail.google.com, dll. penyedia email biasanya menyediakan dua layanan, yaitu layanan berbayar dan layanan gratis. Perbedaan antara layanan yang berbayar dan yang gratis adalah biasanya pada kapasitas ruang untuk penampung surat, dan juga pemberian alamat email.

PERSAMAAN DAN PERBEDAAN MAILBOX KANTOR POS DAN MAILBOX EMAIL

Mengirim surat melalui kantor pos adalah menggunakan metode konvensional, selain memerlukan kertas dan perangko, proses pengiriman juga memerlukan waktu yang relatif lama. dan dalam kasus ini kita tidak tahu apakah orang yang dituju sudah menerima surat tersebut atau belum, sampai pengirim menerima surat balasan.

Sedangkan melalui email, informasi yang terkandung di dalamnya perlu dikonfirmasi ulang kepada si pengirim. Hal ini disebabkan karena tidak jarang email sampah (spam) yang diterima oleh pemilik email.

Pengguna email memliki sebuah kotak surat yang disebut Mailbox yang tersimpan dalam Mailserver. Untuk dapat membuka mailbox, pengguna harus memasukkan User ID dan password. Mailbox memiliki alamat sebagai pengenal agar dapat berhubungan dengan mailbox lainnya, baik dalam penerimaan dan pengiriman pesan.


MENGGUNAKAN ALAMAT TUJUAN DAN SUBJEK UNTUK MEMBUAT EMAIL

Untuk membuat e-mail, kamu harus terlebih dahulu mendaftarkan diri ke penyedia layanan e-mail. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, terdapat banyak penyedia layanan e-mail, antara lain sebagai berikut.
• Yahoo!, layanan dari Yahoo! yang beralamat di mail.yahoo.com
• Gmail, layanan dari Google yang beralamat di mail.gmail.com
• Hotmail, layanan dari Microsoft yang beralamat di www.hotmail.com
• Plasa, layanan dari Telkom yang beralamat di www.plasa.com

Tampilan e-mail pada plasa:

Tampilan pada Gmail:

Nama login atau alamat e-mail pada umumnya terdiri atas dua bagian utama, yaitu nama mailbox dan nama komputer dimana nama mailbox tersebut berada.
Mailserver merupakan komputer tempat meletakkan mailbox, sedangkan setiap pengguna e-mail disebut sebagai client.

Format penulisan alamat e-mail:
namamailbox@namamailserver

Selain itu, dari bagian paling belakang dari sebuah kita bisa memperoleh dugaan mengenai pemiliknya.
.com biasanya dimiliki oleh perusahaan komersial atau usaha bisnis lainnya
.edu biasanya menunjukkan bahwa pemiliknya adalah sebuah universitas atau institusi pendidikan
.gov dimiliki oleh instansi pemerintah
.mil dimiliki oleh instansi militer


Melakukan Pendaftaran di Yahoo Mail:

Yahoo Mail yang merupakan salah satu layanan email gratis terbesar di internet sekaligus masih menjadi produk andalan raksasa internet yahoo dalam hal mendatangkan visitor kesitus yang sempat menjadi terbesar dalam beberapa dekade sebelum akhirnya ditaklukkan oleh google dan saat ini juga telah dibayang-bayangi oleh situs jejaring sosial facebook.

Meski Yahoo telah mulai kalah pamor bila dibandingkan dengan google dan juga facebook. Namun keberadaan yahoo mail masih tetap diperhitungkan karena masih diminati oleh para pengguna internet sampai saat ini dan mungkin andalah salah satu diantaranya.

Bagi anda yang masih baru memulai aktivitas internet atau dalam istilah bahasa internetnya sering disebut sebagai newbie, maka bila anda ingin membuat akun email yahoo, maka berikut bisa anda pelajari cara daftar yahoo mail itu sendiri.

Langkah-langkah yang harus anda ikuti ketika hendak mendaftarkan yahoo adalah sebagai berikut:

1. Kunjungi alamat www.mail.yahoo.com

2. Setelah salah satu situs diatas anda kunjungi, maka anda akan dibawa kedalam sebuah halaman website yahoo, dimana pada halaman bersangkutan anda bisa melakukan login yahoo bila sudah memiliki akun sebelumnya, sekaligus bisa melakukan registrasi atau daftar yahoo mail baru bila belum memilikinya. (bila ingin mendaftar, maka silahkan klik tombol "create new account" seperti yang ada pada bagian kanan paling bawah halaman bersangkutan)

3. Setelah tombol "create new account" anda klik, maka seketika anda kembali dibawa kehalaman berikutnya, dimana pada halaman itu anda akan melihat beberapa form pengisian data-data diri sebagai upaya untuk memulai mendaftar ke yahoo. Adapun yang harus anda perhatikan ketika mengisi form pendaftaran yang tersedia tersebut adalah sebagai berikut:



- pada bagian Name (First name = isi dengan nama awal anda) dan (Last Name = isi dengan nama belakang anda)

- pada bagian gender (silahkan memilih jenis kelamin anda = male untuk laki-laki, dan female untuk perempuan)

- Pada bagian birthday silahkan anda mengisi (bulan lahir anda), (tanggal lahir anda), serta (tahun lahir anda) sesuai pada kotak yang sudah ditentukan.

- Pada bagian Country silahkan pilih salah satu negara asal anda (misalnya: Indonesia).

- Pada bagian Yahoo! ID And Email anda diwajibkan untuk membuat salah satu nama atau alamat email anda atau sekaligus menjadi yahoo id anda ketika setelah selesai mendaftar nantinya alamat inilah yang sering anda gunakan bila sedang menggunakan akun yahoo anda.

- Untuk bagian password silahkan buat password anda dan usahakan password yang dibuat minimal 6 karakter (boleh penggabungan huruf dan angka).

- Untuk bagian Re-type Password, silahkan isi kembali password anda sama dengan password yang sudah anda isikan dikotak password sebelumnya.

- Pada bagian Alternate Email (optional) anda boleh mengisikan sebuah alamat email jika anda sudah memiliki email sebelumnya. Namun bila anda belum memiliki email maka anda bisa mengosongkan kotak Alternate Email (optional) ini.

- Pada bagian Secret Question 1 anda disuruh untuk memilih salah satu pertanyaan yang sudah disiapkan oleh yahoo, kemudian dibagian bawahnya, yaitu tepatnya pada kotak Your Answer anda harus menjawab pertanyaan yang sudah anda pilih dari kotak Secret Question 1.

- Sama seperti Secret Question 1, pada kotak Secret Question 2 anda kembali disuruh untuk memilih salah satu pertanyaan dan kemudian menjawabnya pada bagian Your Answer.

- Pada bagian Type the code shown anda disuruh untuk mengisikan kode huruf-huruf dan angka yang sudah disediakan oleh mesin yahoo dan ini dilakukan oleh mesin atomatis yahoo sebagai upaya untuk menghindari kegiatan spam.

4. Untuk mengakhiri daftar yahoo mail, maka silahkan klik tombol "Create My Account" dan ketika tidak ada kesalahan dalam mengisi data-data seperti yang sudah dijelaskan diatas, maka anda sudah berhasil melakukan pendaftaran yahoo anda.

MELAKUKAN ATTACHMENT FILE

Mengirim E-mail
Salah satu fasilitas lain yang disediakan oleh Yahoo! Mail adalah fasilitas untuk mengirim e-mail. Cara yang digunakan untuk mengirim pesan adalah sebagai berikut.
1. Langkah 1 sampai langkah 2 sama dengan cara menggunakan e-mail seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.
2. Klik ikon Compose.
3. Selanjutnya, akan muncul halaman Compose.
4. Pada kotak To, ketikkan alamat e-mail penerima dan pada kotak Subjectketikkan dengan perihal atau judul dari e-mail yang akan kamu kirimkan. Tulis judul e-mail dengan pendek dan jelas.
5. Pada kotak Cc (Carbon copy), isikan dengan alamat tujuan lain yang mendapat tembusan e-mail. Alamat e-mail ini akan ditampilkan pada e-mail penerima sehingga penerima tahu siapa saja yang menerima e-mail.
6. Pada kotak Bcc (Blind carbon copy), isi dengan alamat tujuan lain yang mendapatkan tembusan e-mail, tetapi alamat ini tidak ditampilkan di sisi penerima sehingga penerima e-mail tidak mengetahui siapa saja
yang menerima e-mail'ini. Kolom ini dapat dikosongkan apabila kamu tidak menginginkan orang lain menerimanya.
7. Selanjutnya, ketik isi e-mail yang ingin kamu kirimkan pada kotak editor.
8. Klik tombol Send untuk mengirimkan e-mail.
9. Selanjutnya, akan muncul halaman konfirmasi pengiriman e-mail kamu
10. Klik Back to Inbox untuk kembali ke kotak surat (inbox).


Mengirim Attachment
Kita dapat melakukannya menggunakan langkah-langkah berikut.
1. Setelah kamu menuliskan pesan di kotak teks editor, langkah selanjutnya klik tombol Attach Files.
2. Selanjutnya, akan ditampilkan kotak dialog Attach Files, Pilih file yang akan kamu sertakan dengan cara mengklik tombol Browse. Nama file yang kamu pilih akanrrmncul pada File 1 dan File 2.
3. Klik Attach Files.
4. Selanjutnya, akan ditampilkan kotak proses pengambilan file (attachement files).
5. Jika proses pengambilan berhasil maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Setelah itu, klik
tombol Continue to Message. Selanjutnya, tampilan akan kembali ke halaman e-mail. Pastikan terlebih dahulu nama file yang akan kamu lampirkan muncul di atas tombol Attach Files.
6. Klik tombol Send untuk mengirim e-mail beserta lampiran. Tunggu sampai layar menunjukkan bahwa e-mail-mu telah terkirim.


MELAKUKAN REPLY DAN FORWARD

Melakukan Reply e-mail
Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan Reply.
1. Buka surat yang terdapat di kotak surat
2. Klik tombol Reply, kemudian akan tampil halaman editor reply, Subjek dari balasan e-mail tersebut mendapat tambahan Re: Subjek lama. Tuliskan balasan surat pada kotak editor. Kamu dapat membalas e-mail tersebut dengan menggunakan dua cara, yaitu kamu dapat menghapus isi e-mail yang lama kemudian mengetik balasannya atau kamu dapat langsung mengetik e-mail balasan di atas e-mail yang kamu terima. Ketika kamu menggunakan cara kedua maka e-mail lama yang di-reply juga akan tampil pada e-mail baru.
3. Klik tombol Attach Files, jika kamu ingin menyertakan file atau dokumen lain.
4. Klik tombol Send, tunggu sampai muncul halaman pemberitahuan bahwa balasan e-mail (reply)yang kamu lakukan sudah terkirim.
5. Klik Back to Message untuk kembali ke kotak surat.
Melakukan Forward E-mail
Forward adalah fasilitas untuk meneruskan e-mail yang kamu terima ke alamat e-mail lain selain alamat si pengirim. Langkah-langkah untuk melakukan Forward adalah sebagai berikut:
1. Buka surat yang terdapat di kotak surat (inbox).
2. Klik tombol Forward, kemudian akan ditampilkan halaman editor forward pada bagian subjek yang mendapat tambahan keterangan Fwd: Subjek lama.
3. Tuliskan alamat e-mail tujuan pada kotak isian To.
4. Klik Send, tunggu sampai muncul halaman konfirmasi atau penberitauan bahwa forward mail telah terkirim ke alamat tujuan.
5. KLik Back to Message untuk kembali ke kotak surat.


KODE ETIK PENGGUNAAN E-MAIL

Dengan ada Email dengan fungsi untuk mempermudah pengguna, namun agar tidak salah dalam penggunaan Email tanpa di imbangi oleh etiket yang baik akan berakibat kurang baik bagi si pengguna Email tersebut, dan pada kesempatan ini akan di bahas apa-apa saja kode etik dalam menggunakan Email, agar tidak berakibat fatal. antara lain :

1. Sebelum mengirimkan suatu pesan e-mail, pertimbangkan apakah pesan tersebut pantas diterima si penerima. (Isi e-mail) tertentu dapat membuat si penerima salah paham dan menimbulkanrasa marah. Bila anda menerima e-mail seperti itu, segeralah jawab kepada si pengirim untuk tidak mengirimkannya e-mail sejenis itu lagi.

2. Sesuaikan bahasa e-mail anda kepada siapa saja e-mail itu anda tujukan. Ingatlah bahwa dengan e-mail anda dapat berkomunikasi langsung dengan berbagai pihak dalam suatu perusahaan.

3. Hati-hati, e-mail dapat menjadi alat penyebar virus yang cepat bila terlampir program-program komputer yang tidak ter"scan" dengan baik. namun jika komputer anda ter"scan" dengan baik kemungkinan kecil virus dari e-mail akan masuk.

4. Segera jawab e-mail yang membutuhkan jawaban anda. Bila anda belum mempunyai jawabannya, kirimkanlah pesan bahwa anda akan menjawabnya pada waktu atau tanggal tertentu.Agar yang mengirimkan Email kepda anda tidak terlalu lama menuggu balasan Email dari anda.

5. Jangan gunakan e-mail untuk hal-hal yang bersifat sangat pribadi atau subyektif karena kemungkinan kesalah-pahaman dapat sangat terjadi.

dari ke 5 kode etik di atas inti dari kode etik menggunkan Email, adalah bagaimana cara seseorang untuk menggunakan bahasa yang layak dan tidak menyakiti dan merugikan pihak lain, selain itu tata bahasa sangat mempengaruhi dalam mengirimkan Email.

0 COMMENTRE:

Post a Comment